MENGAPA MINUMAN BERALKOHOL MEMBUAT MABUK

 

5 November, 2020

 

Mengapa Minuman Beralkohol

Dapat Memabukkan ?

 

Kita semua tahu bahwa minuman beralkohol dapat membuat orang mabuk dan sulit mengendalikan dirinya sendiri. Tapi mengapa minuman beralkohol dapat memabukkan ?  nah, pada artikel di bawah ini saya akan menjelaskan mengenai hal tersebut. Namun sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri saya.

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Halo sahabat, perkenalkan nama saya Faryz Reynaldy kelas 12 IPA Sma Negeri 14 Bekasi. Jadi saya akan menjelaskan suatu hal mengenai alkohol yang dapat membuat orang menjadi mabuk.

Sebelumnya saya ingin menjelaskan dulu asal usul pembuatan minuman beralkohol. Minuman alkohol adalah hasil fermentasi produk yang dibuat dari buah-buahan, biji-bijian, atau sayur-sayuran dengan penambahan ragi.

Lantas mengapa alkohol dapat memabukkan padahal terbuat dari bahan organik? Jadi sahabat, minuman alkohol dapat memabukkan padahal terbuat dari bahan organik karena proses fermentasi tadi menghasilkan suatu zat yang bernama

Etanol (C2H6O atau C2H5OH)

                     

Nah jadi zat yang dimaksud tersebut adalah Etanol. Zat ini termasuk ke dalam alkohol primer bersama dengan Metanol (CH3OH).

       ----> Metanol  (CH3OH)

Etanol ini dapat dengan mudah larut dalam air. Dengan kata lain Etanol yang terdapat dalam minuman beralkohol dapat dengan mudah masuk ke dalam sirkulasi darah. Karena darah kita mengalir ke seluruh penjuru tubuh kita, seperti ke kaki, tangan, sampai otak. Maka dapat dengan mudah Etanol ini sampai ke otak si peminum alkohol.

Etanol yang sampai ke otak, mengganggu sistem saraf pusat yang ada di otak kita. Zat ini juga menghambat kerja otak. Sehingga seorang yang meminumnya merasa baik-baik saja, namun pada kenyataannya orang lain melihat dirinya seperti sedang tidak sadarkan diri. Etanol juga bersifat depressan yang membuat penggunanya tidak bisa mengontrol dirinya sendiri, pikiran melayang-layang, dan membuat omongan penggunanya melantur tidak jelas, dan lain-lain.

Kandungan Etanol yang terdapat pada minuman beralkohol juga berbeda-beda ya sahabat.
Pada tingkatan kandungan Etanol 0.05-0.15 persen dapat membuat penggunannya kehilangan kesadaran.
Pada tingkatan kandungan Etanol 0.15-0.20 persen dapat membuat penggunanya keracunan. Dan masih banyak tingkatan lainnya.

Etanol dalam alkohol juga tidak hanya berdampak pada psikis penggunanya saja namun juga berdampak pada tubuh secara langsung. Bagi pecandu alkohol jangka panjang perlu diketahui bahwa 90% alkohol dalam tubuh manusia mengalami oksidasi di hati dengan bantuan enzim alkohol yang ada di hati. Dan hal ini dapat menyebabkan kerusakan hati.

Kesimpulannya

Alkohol yang diminum dapat membuat seseorang merasa mabuk karena dalam alkohol mengandung Etanol. Etanol ini dapat dengan mudah masuk ke otak karena mudah larut pada darah manusia, dan akhirnya sampai ke otak. Setelah sampai di otak, Etanol menghambat kerja otak dan merusak sistem saraf pusat yang terletak di otak kita.
Sehingga orang yang meminum alkohol yang mengandung Etanol ini tidak dapat mengontrol dirinya sendiri dan membuatnya menjadi tidak sadarkan diri.

*tambahan
Alkohol bukan hanya berdampak bagi psikis penggunanya saja, tapi juga berdampak bagi kesehatan tubuh penggunanya seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Sekian informasi dari artikel yang saya buat, saya sadar masih banyak kekurangan pada artikel ini namun saya berharap sahabat dapat memahami serta mencerna informasi dari artikel ini. Maka dari itu, terimakasih atas perhatiannya dan kurang lebih nya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

 

Have a nice day <3






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mahakarya Kimia