Mahakarya Kimia

 Assalamualaikum Warrahmatullahi Wa Barakatuh.

Nama saya Faryz Reynaldy kelas 12 IPA 7 dan saya ingin membagikan beberapa karya karya dalam pelajaran kimia saya selama saya bersekolah di SMAN 14 Bekasi. Oh ya, sebelum itu saya ingin memberitahukan bahwa selama saya beajar kimia di sini, saya diajarkan oleh 2 guru kimia favorit saya. Yaitu
1. Bu Fika Rakhmalinda (kelas 10 dan 12)
2. Pak Surrachman          (kelas 11)


Jujur sebelum saya masuk SMA, saya takut dengan pelajaran kimia, karena saya melihat abang saya yang menyerah terhadap pelajarn kimia saat SMA. Namun, karena saya orangnya penasaran akhirnya saya mencoba untuk mempelajarinya. Namun secara mengejutkan, saya mendapat nilai quiz pertama tertinggi di kelas saya. Semenjak itu saya jadi menyukai pelajaran kimia ditambah cara guru saya mengajar (bu fika) membuat saya semakin suka dengan kimia. Beliau mengajar secara jelas sehingga saya dapat mengerti terhadap materi yang ada.

Kelas 10

A. Ikatan Kimia

 Karya saya yang pertama adalah membuat video kreasi berkelompok materi ikatan kimia. Dan kelompok saya menampilkan video yang berisi guyonan seperti gombalan-gombalan yang menyangkut dengan materi tersebut. 





https://drive.google.com/file/d/1x-4q07WE6JTKpS2YAA2yep5jhmmM71fG/view?usp=sharing


Dalam video tersebut, kelompok saya membuat komplikasi video yang berisi gombalan dengan keterkaitan materi ikatan kimia. Ikatan kimia adalah materi pelajaran kimia saya yang mempelajari proses tarik menarik antara 2 atom ataupun 2 molekul, seperti Natrium yang berikatan dengan klorida menjadi Natrium Klorida (NaCL). Namun, dalam video kreasi tersebut ikatan ikatan kimia tersebut di plesetkan menjadi gombalan.

B. Elektrolit

Selanjutnya, saya melakukan praktikum yang berkaitan dengan materi elektrolit. Praktikum ini meiliki tujuan dapat membedakan larutan elektrolit ataupun nonelektrolit dengan melihat bagaimana ciri dari larutan elektrolit maupun non-elektrolit dengan membandingkan kedua lampu yang dicelupkan ke kedua larutan tersebut. Namun, sayangnya arsip mengenai praktikum tersebut hilang, sehingga saya tidak memiliki file mengenai praktikum tersebut, namun saya memiliki foto milik teman saya yang juga melakukan praktikum tersebut.



C.Hukum Dasar Kimia

 Di semester selanjutnya, saya melakukan praktikum secara berkelompok mengenai materi hukum dasar kimia lebih khususnya hukum Gay lussac. Hukum Gay lussac sendii berbunyi "volume suatu gas dapat berbanding terbalik dengan tekanannya asal suhu konstan". Pada praktikum ini saya menggunakan media lilin yang menyala dengan api, gelas,  dan air untuk melihat pengaruh volume terhadap tekanan di dalam gelas maupun di luar gelas.




D. Tata Senyawa Kimia

Dan karya terakhir saya di kelas 10 adalah membuat drama ataupun semacam tv show sederhana yang berkaitan dengan materi tata nama senyawa kimia. Pada saat itu kelompok saya memilih membuat suatu drama yang berisi drama percintaan dengan plesetan dari beberapa tata nama senyawa kimia. Namun, sayangnya saya tidak menyimpan video drama tersebut, tetapi saya memiliki video musikalisasi teman saya mengenai materi tata nama senyawa ini.

https://www.instagram.com/p/BusYFzMAlcY/?igshid=1wddqelkkj7r3


Kelas 11

Termokimia

Di kelas 11 saya melakukan praktikum materi Termokimia yang dilakukan secara berkelompok. Dalam praktikum ini kelompok saya diminta untuk menentukan entalpi reaksi dari suatu larutan. Entalpi reaksi sendiri adalah perubahan suatu energi dalam suatu sistem pada kondisi tekanan tetap. Saya juga mempelajari hukum hess dalam praktikum ini.



Kelas 12

Walaupun di kelas 12 memberlakukan pelajaran secara online, namun guru kimia saya (bu fika) tetap melakukan berbagai pengajaran melalui vicon dan juga memberikan tugas yaitu membuat karya yang berhubungan dengan materi yang dijelaskan oleh beliau, seperti contohnya :

A. Koligatif

 Karya pertama di kelas 12 yaitu membuat poster mengenai materi koligatif latutan tentang penurunan titik beku. Koligatif larutan adalah laruan yang tidak bergantung pada jenis zat terlarut tapi bergantung pada konsentrasi partikel zat terlarutnya. Terdiri dari penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, tekanan osmotik, dan penurunan titik beku. Pada poster yang saya buat ini adalah poster penurunan titik beku yakni "mengapa ikan di laut kutub itu tidak membeku" dan untuk penjelasannya, dapat di lihat pada poster yang saya buat.




B. Artikel Mengenai Alkohol

Pada artikel yang saya buat ini, saya menjelaskan apa yang membuat minuman alkohol dapat memabukkan seseorang, jadi artikel ini berhubungan dengan materi yang dijelaskan oleh beliau yakni senyawa turunan alkohol. Kesimpulan yang saya buat dalam artikel ini adalah alkohol dapat memabukkan penggunanya karena kandungan dalam minuman alkohol ini dapat larut dalam air sehingga mudah ke sirkulasi darah manusia dan ketika sampai ke otak dapat menghambat kerja otak. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat pada artikel berikut

https://faryzreychemistry.blogspot.com/2020/11/mengapa-minuman-beralkohol-membuat-mabuk.html

C. Praktikum Korosi

Karya berikutnya yang saya kerjakan di kelas 12 adalah membuat video paktikum mengenai materi korosi. Korosi adalah kerusakan logam akibat reaksi redoks antara suatu logam terhadap zat zat yang ada disekitar logam tersebut.

Dalam praktikum saya, saya melihat perbandingan 3 buah logam yang di letakkan kedalam 3 larutan yang berbeda. Dan hasil akhirnya, terdapat logam yang mengalami  korosi seluruh permukaan, ada yang mengalami korosi sebagian, dan ada juga yang tidak mengalami korosi. Untuk lebih lengkap nya terdapat dalam video ini

https://youtu.be/nMJEximVQTA

D. Soal dan Pembahasan Senyawa Turunan Alkana

Karya saya yang terakhir selama menjadi siswa SMAN 14 Bekasi adalah membuat video dan pembahasan senyawa turunan alkana. Video ini merupakan tugas remedial dari kuis saya. Dan dalam video tersebut saya mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi senyawa turunan alkana.
Untuk lebih lengkapnya bisa ditonton video berikut ini

https://youtu.be/zHTY0NCDquQ


Sekian mahakarya yang telah saya buat selama saya menjadi siswa di SMAN 14 Bekasi dalam pelajaran kimia. Saya berharap blog yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Dan harapan saya semoga kita tetap diberi kesehatan oleh Allah SWT dan semoga pandemi corona ini dapat berakhir.

Sekian dari saya, Wassalamualaikum warrahmatullahi wa barakatuh.

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGAPA MINUMAN BERALKOHOL MEMBUAT MABUK